World Through my Words

Tuesday, October 27, 2015

#Bloggercampid Surabaya: Blogging 101, Bangun Kredibilitas Blogmu yuk!

Hello! I’m so happy today, soalnya nih di tengah weekdays yang biasanya dikejar-kejar target pageviews di kantor atau kuantitas konten yang menggila, kali ini beda. Ngecheck google analytic sesempetnya, tapi seneng-seneng 2 hari full! Hihi, long story short, aku lagi ikutan acara #bloggercampid yang diadakan oleh komunitas blogger camp. Alhamdulilah dapat undangan buat datang, rejeki anak soleh! #eaaaa



Acara seru ini didukung oleh banyak pihak. Tahu dong prinsip hidup manusia hari gini? Sandang, pangan, papan, koneksi :p Thankyou Indosat Love untuk dukungannya. Apalah kami tanpa sinyal wifi, bagai remah-remah rempeyek yang keinjek #baperlagi.

Nah kemarin kan acaranya blogger tour ke Yello! Hotel di kawasan Jemursari, Surabaya dan mulai ngecamp di The Pines Taman Dayu, Pasuruan. Pagi ini, acaranya adalah sharing dan diskusi mengenai membangun kredibilitas blog. Bahagia banget deh bisa menambah ilmu hihi :D. Nah biar ngocehnya ga kepanjangan, ini dia ilmu-ilmu yang aku timba pagi ini, fresh from the expert!

Swastika Nohara - Segment your Blog, NOW!

Sesi pertama diisi oleh mbak cantik yang juga scripwriter hits, Swastika Nohara atau yang akrab dipanggil Mbak Tika. Ia telah ‘melahirkan’ banyak karya loh. Buat yang udah melihat film Cahaya dari Timur, Garuda 19 dan Beta Maluku? Nah, Mbak Tika loh yang nulis skenarionya. Yang terbaru, perempuan yang hobi traveling ini jadi orang di balik dialog-dialog mengharukan dalam film yang bakalan booming banget, 3 Srikandi.

Mba Tika sendiri punya blog yang diberi nama www.lifetimejourney.me . Isinya mostly cerita tentang perjalanan liburan dan foto-foto yang mengena banget. Salah satu yang paling memorable buatku adalah saat Mba Tika memotret seorang perempuan tua di Istana Jaipur, India yang duduk di lantai, kelelahan usai menyapu. Yes, your images can talk.



Ilmu dari mba Tika hari ini dimulai dari yang paling basic. Apa sih pentingnya punya blog? And she’s rite, blog will record our memories. As you know, time flies, we grow old, love fades but memories always stay. Tapi otak manusia punya keterbatasan so blog ngebantu kita untuk menyimpan semua kenangan manis yang terlalu manis untuk dilupakan #eaaa #bloggerbaper.

Nggak hanya punya manfaat buat mengarsipkan apa saja yang telah terjadi dalam hidup kita, ternyata blog yang kita isi dengan rutin #uhuk #tabokindirisendiri punya manfaat buat pembacanya loh.

Bayangkan,1  postingan kita itu memuat banyak aspek. Mulai dari membagikan informasi, mengunggah emosi, menularkan kegembiraan, menginspirasi and of course, menghibur. Misalnya aja nih aku buka blognya mba Tika. I saw her, enjoying beach across nation, sampai ke pelosok-pelosok Sulawesi. Mana gue tauuu ada pantai keren-keren gitu kalo nggak liat dari post orang lain kan? Ini yang dimaksud dengan membagikan informasi dan menularkan kegembiraan.

Belom lagi pasti ada rasa ‘iiih pengen deh ke sana juga’ atau ‘wah ternyata Indonesia keren banget yah, jalan-jalan ah…’. Tuh, yang awalnya kita cuma berkutat di depan laptop dan deadline kerjaan #ngomongbeginisambilbercermin , lalu punya ide buat spending jatah sisa cuti buat explore our country. Atau saat kita bokek parah, ga bisa ke mana-mana, ngeliat foto-foto di blog orang lain aja rasanya udah bahagia dan berasa udah ke sana…

Tapi dong yah yang namanya ngeblog, helaaawwww sisiran aja belom tentu sehari sekali apalagi rutin nulis blogpost kan? Mba Tika punya lifehack nya nih guys. Jadi kamu bisa membuat ngisi blog jadi rutinitas. Kalau mba Tika sendiri, ia menyisihkan waktu 2 jam tiap pagi buat ngeblog dan blogwalking. Kewl abis kan? *ini sambil menatap nanar blog sendiri yang belom tentu diisi sebulan sekali.

Tapi kaaaan ngeblog ituuuh ribet! Enakan juga ngetweet atau update path! eh jangan salah everybodyyy, smartphone kita sekarang bisa diinstall admin blog (wordpress/blogspot/etc) dan as long as ada sinyal internet, we can write everywhere. Even in the middle of nowhere #brbbawatowersinyalsendiri.

Hayooo siapa yang punya blog tapi kayak sarang laba laba alias jarang diurusin? #angkatjarisendiri hihihi mba Tika kasih tips dan juga insight yang harus kita pertimbangkan untuk kembali ngeblog. Nggak cuma asal nulis, tapi beberapa point ini bisa membantu kamu, enaknya ini blog diapain ya?\

1. Angle
Angle ngeblog itu kurang lebih kayak semacam karakteristik kita. Gaya penulisan, cara melihat sesuatu, itu ciri khas. Jadi jangan ragu untuk jadi diri sendiri. Kayak aku nih, gaya nulisnya santai abis!

2. Kredibilitas
Pernah denger ungkapan ‘melacur demi pageviews’? Alias nulis apa aja deh pokoknya banyak yang baca. Waduh jangan sampai kita kayak begitu tuh. Kredibilitas blog kita itu semacam harga diri #tsaaah yang harus dijaga baik-baik. Nggak mau dong ketemu orang lain trus kita diliat “eh si itu tuh blognya isinya sampah!”. Nah,that’s why menulislah dengan jujur dan sesuai karakter.

3. Konsistensi
Analogikan aja kamu punya toko. Tokomu buka tiap hari vs tokomu cuma buka sebulan sekali. Jelas dong yang bakalan banyak pembelinya adalah yang buka tiap hari. Yap, gitu deh dengan ngeblog. Konsisten ngisi kontennya akan membentuk loyal reader di blog kita dan punya banyak visitor.

4. Memperluas Network
Internet memang membuka pintu untuk menjangkau apapun di seluruh dunia. Tapi kalo di rumah aja, ga punya temen dong hiks. That’s why, memperluas network itu penting, apalagi kopi darat. As simple as ikut komunitas, kalo ada gathering ya datang. Punya banyak temen itu seru banget loh.

Kemudian mba Swastika menutup sharingnya dengan quote yang insightful banget: Know your audience and be moderately mindful of what they love.

Frenavit - Kalo aku blogger amplopan, kowe ate lapo?

Provokatif banget kan? Mas Frenavit memang mengulik sisi building blog yang unik abis. Sekarang memang blog itu ngga cuma tempat untuk nulis atau nyari duit dari adsense. Ngebuzz, jadi ambassador dan lain sebagainya, itu secuil dari cara monetize blog yang kita miliki. That’s why, it’s okay kok kita nulis review product karena dibayar, tapi balik lagi seperti tips dari mba Tika ya, kudu jujur dan harus mencoba apa yang bakalan diiklanin.

Content is a king, itu udah rahasia umum. Mau nggak mau namanya seorang blogger ya kudu belajar menulis dengan baik dan benar kan. As simple as minimalisir typo, pasang foto yang bagus, gunakan bahasa yang mudah dipahami. Jangan lupa juga, measure your activity. Dalam artian, tetap kontrol kuantitas postingan dan jangan sampai lost. Misalnya tiba-tiba 2 bulan ngga ngeblog gitu… #eaaaa #bantingcermin



Trus kalo mau dapat endorse atau sponsored post or whatever yang intinya kita dibayar, caranya gimana sih? Ini mungkin udah pada tau ya. Tapi yang belom tau, sini aku bisikin. Konsepnya sih itu efek berantai ya. Konsisten ngeblog —> blognya bertema (misal: fashion blog/beauty blog/dst) —> visitornya banyak. Cara tau siapa aja yang visit ke blog kita dan berapa banyak pageviewsnya perbulan, via apa? Nah ini sebenernya kerjaanku tiap hari sih :D Meet Google Analytic!

Tools bikinan Google ini detail banget. Mulai dari visitor kita datang negara mana aja, bounce rate dan berapa lama waktu yang dihabiskan visitor pas main ke blog kita. Kewl, eh? Dari sini, kita bisa tau oh harusnya aku ‘dihargain’ segini nih. Biar ga kemurahan dan juga kemahalan.
Thanks for share, mas Frenavit!

Yayat Sudrajat - Ngeblog Kudu Pake Etika

Pak Yayat membagikan sharing yang bermanfaat banget. Mungkin bukan tentang how to monetize our blog but it’s about ethic. Manusia tanpa etika, maka dia bukan siapa-siapa. Begitu juga dengan blog. Kita bebas kok posting apa aja tapi tetap, logika, etika dan estetikanya jangan ketinggalan ya.

Termasuk kalo misalnya nih di blog kita banyak banget komen-komen junk yang ngga penting. Take it easy, ga perlu marah-marah. Justru hargain setiap visitor yang datang ke blog kita. Jangan lupa juga, hak cipta itu penting! Andai kita ambil foto dari web atau blog orang lain, sertakan sumber linknya yah. Keep your pride high and respect anyone else.



Wah panjang juga ya blogpost kali ini. Trus sekarang lagi sesi tanya jawab gitu. Seru banget deh, dukungan dari Net Mediatama di Net TV juga berharga banget. Yang di Jakarta, diliput loh! Asik kan?
Anywaaay i am so sorry fotonya minimalis yah, the power of pake hape hehehehe lupa ngga bawa dslr :|

3 komentar:

  1. Kemarin pengen ikut tapi gatau mau bareng siapa :' dan apalah aku masih mahasiswa mbak. Salam dari anak rantau di Malang hihih

    ReplyDelete
  2. haloo :) next time ikutan yaa, masih banyak kesempatan kok ^^

    ReplyDelete
  3. Mantab ulasanya. Jd nmbah ilmu. Trims :)

    ReplyDelete

© I'm Fireworks!, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena