World Through my Words

Thursday, April 9, 2015

[Sharing] Tips Untuk Opname Sendirian di Rumah Sakit

Hellooo :)

Duh judulnya, serem banget! Hihihi tapi memang manusia bisa saja sakit kapanpun di manapun. Termasuk saat jauh dari rumah dan sanak saudara, sedih ya :( Saya ngalamin lho, opname sendirian karena tidak ada yang bisa nungguin plus tidak di kota asal. Pas itu sakit demam berdarah, Dokter bilang saya harus opname karena trombosit turun drastis...

Apa yang terbayang dari 'opname sendirian'? Dulu sih saya mikirnya, mungkin bakalan ribet karena tangan diinfus. Otomatis nggak bisa banyak bergerak kan? Nah artikel ini adalah pengalaman saya pas opname sendirian di rumah sakit. Semoga temen-temen nggak sakit sampai kudu 'piknik' di RS tapi in case suatu saat terjadi, jangan takut untuk opname tanpa ada keluarga / kerabat yang menemani ya.

Di sini saya bagikan tips untuk opname sendirian. Urut mulai dari persiapan masuk RS sampai pulangnya. Semoga bermanfaat:

Sebelum masuk RS
  • Jika kondisi kamu memungkinkan, dalam artian masih kuat melakukan beberapa hal, maka anggaplah opname ini adalah liburan. Bawalah segala hal yang kamu perlukan untuk liburan. Peralatan mandi, baju ganti, handuk, selimut tipis, uang cash, camilan dan masih banyak lagi. Soalnya saat kamu opname sendirian, anggap aja kamu liburan ke luar negeri, masa ada yang ketinggalan trus balik pulang untuk ngambil, kan nggak bisa? Jadi well prepare itu perlu.
  • Persiapkan diri sendiri. Saya dulu sebelum ditusuk jarum infus, mandi dulu, ganti baju dulu, sikat gigi dulu dan melepas berbagai aksesori yang menempel.
  • Bawa baju yang bahannya ringan dan berkancing depan. Baju tidur paling pas sih, biar enak pas ganti baju, ngelepasnya nggak susah. Celana katun yang biasanya dipakai tidur di rumah juga outfit yang pas buat opname.
  • Pilih rumah sakit yang terkenal dengan pelayanan yang bagus. Kenapa? Soalnya pelayanan bagus akan membantu selama kamu opname di sana. Biasanya perawatnya akan helpfull dan sigap saat kamu butuh pertolongan. Dalam kasus saya, perawatnya masih muda-muda trus sabaar banget. Mereka bahkan nawarin untuk nyuapin dan bantuin pas mandi.
Saat sudah di RS
  • Sampaikan pada pihak RS bahwa kamu akan opname sendirian. Kalau bisa dan emang ada uangnya, jangan ragu untuk memilih ruang VIP. Selain privacy lebih terjaga, kamu bisa lebih berkualitas istirahatnya. Nggak hanya itu, mostly perawat di ruangan mahal jauh lebih kooperatif daripada ruang yang biasa aja :D
  • Bersikap baik dan juga kooperatif dengan petugas medis. Ngeluh boleh, tapi ingat kalau kamu udah dewasa. Boleh nangis saat sakit, tapi tahan diri untuk manja ya. Walau kita udah bayar, tapi perawat tetap orang lain, bukan keluarga kita. Keep your manners high. 
  • Nurut apa kata dokter! Ini penting sekali, jadi sakit itu ada siklusnya. Pengalaman saya sendiri, saya sakit demam berdarah. Dokter menyarankan harus full istirahat dan nggak boleh banyak gerak. Jadi apa yang saya lakukan? tidur, nonton tv, makan :p, baca buku, mainan henpon, begitulah. Tapi mostly tidur karena obatnya bikin ngantuk. Buang waktu? Biarin! Sakit itu alarm kalau tubuh perlu istirahat, we're human not a robot.
  • Jika perawat terlihat ramah dan bisa bantu, jangan sungkan buat minta tolong untuk menyeka tubuh atau ganti baju. Selalu ganti baju dan dalaman minimal sekali sehari karena tubuh bakalan penuh keringat dan juga bau mengingat gak bisa sering-sering mandi.
  • Enjoy your 'holiday' at hospital. Jangan mikir berat, fokus untuk sembuh. Saya semingguan opname sendirian, bosen di makanan sih. Sempet ngambek nggak mau makan, trus pas ada yang jenguk, ditanyain nitip apa? LANGSUNG BILANG TANPA SUNGKAN: MAU UDANG SAUS PADANG! hWuahahahah :D sakit DB kan ga ada pantangan makan :p
Saat Sudah Dinyatakan Boleh Pulang
  • Alhamdulilah, akhirnya jarum infus sudah dicabut. Saya ngapain? MANDI DONG hahahaa :D finally bisa mandi kramas segeeer dengan dua tangan.
  • Beberes seluruh barang, jangan sampai ada yang ketinggalan ya.
  • Bayar administrasi, kalau kamu sendirian, bisa bilang sama susternya untuk antarkan bill nya ke kamar atau kabari kalau tagihannya udah siap. Jadi nggak perlu ngantri.
  • Bilang terimakasih sama dokter dan suster yang udah membantumu selama opname. tanpa mereka, kita bisa apa? :)
  • Pulang! Lanjutkan istirahat jika masih disuruh istirahat. Lakukan apa yang diminta sama dokter, take care your healthy well.
Opname sendirian tidak semenyeramkan itu bukan? Selama penyakitnya bukan yang kronis sampai kita nggak bisa melakukan apapun, yakinlah kita bisa menghandlenya sendirian. Anggap aja opname ini sebagai bentuk kalau kamu benar-benar bisa mandiri dan mengatasi masalah sendiri. Thanks udah baca, sedia payung sebelum hujan. Daripada opname mending jaga kesehatan! :D

0 komentar:

Post a Comment

© I'm Fireworks!, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena