World Through my Words

Monday, February 16, 2015

Wake up

Pernah nggak sih, kamu merasa kecewa luar biasa karena apa yang kamu inginkan gak jadi kenyataan?
Pernah nggak, kamu sirik setengah mati sama temenmu yang mendapatkan segala hal yang selama ini cuma ada di angan-anganmu?
Pernah nggak, mikir kalo dunia ini jahat banget sama kamu dan segala hal kayaknya gak berpihak padamu?
Pernah nggak, menyalahkan apapun yang bisa disalahkan karena kamu gak menjadi apa yang kamu mau?

Kalo pernah (Salah satu atau semuanya) ya wajar sih, namanya juga manusia dan hal-hal di atas itu manusiawi banget. Kita pengennya semua berjalan sesuai skenario, padahal rencana kita itu kayak pemrosesan makanan dari awal banget: masih bahan mentah.

Bahan mentah itu misalkan aja makaroni. Trus pengen jadi makaroni panggang yang enak bertabur keju. Dalam prosesnya, bisa aja kejunya gak lumer, bisa aja makaroninya kurang empuk, bisa aja susunya kebanyakan dan sebagainya sampai terjadilah makaroni panggang yang gak 100% sama atau bahkan, melenceng jauh dari resep yang udah kita contek.

Kita berencana pengennya nih kerja di sono, nikah sama si itu, beli ini inu pergi ke sini situ. Rencana kita, nah masalahnya? Apakah kantor yang kita target mau nerima kita? apakah si calon yang kita idam-idamkan mau sama kita? apakah duit kita cukup buat beli barang-barang yang udah di wish list?

Face it, karena kenyataan bukan mesin pengabul impian. Mau nggak mau, segala rencana kita pasti berbenturan dengan orang atau pihak lain. Kayaknya ga ada satupun dari apa yang diinginkan manusia itu ga ada saling silang takdir dengan hal lainnya.

Pengen beli tas branded? Punya duit, udah manasin mobil, nyampe mall. Trus tasnya udah abis, lo mau apa?

Pengen nikah sama seseorang? Lo cantik, kaya, kerjaan bagus, body kayak Miranda Kerr. Tapi dia gak mau sama lo, trus lo mau maksa?

Udah nyiapin semua keperluan S2 di luar negeri, sampe duit-duitnya. Trus kampus idaman lo ga menerima lo sebagai mahasiswanya. Gimana, mau neror rektornya?

Aku yakin bahwa banyak yang terjadi dalam hidup kita itu di luar kontrol atau bahkan ga kita inginkan sama sekali. Sometimes, shit happens. Trus kudu gimana? nangis, maksain semua back to track?

Tuhan menuliskan bagaimana hidup kita akan berjalan, namun Tuhan memberikan kita kesempatan untuk mengubah-ubah 'cerita' sesuai dengan keinginan. Tapi...Tuhan tetap pemegang kendali utama, di mana kadang kita udah berusaha ngubah ke arah timur, lah jadi berbelok ke barat.

Mau nyalahin siapa? Nuntut Tuhan ke Mahkamah Agung? demo di depan istana negara? Wake up guys, masih banyak yang bisa kita lakukan jika banyak yang berjalan tidak sesuai rencana.

Tas idaman udah abis? Beli tas lain dong, pilihan banyak ini.

Calon idaman gak mau sama lo? Cari yang lain dong, kayak cowok cuma satu aja di dunia ini.

Kampus idaman menolak lo jadi mahasiswanya? Ada jutaan kampus di seluruh dunia, no worries!

Enak bener lo ngomong, emang hidup semudah itu? emang lo bisa kayak gitu?

BISA DONG! :)) Kata film The Internship: "Segala hal bisa dipelajari kok." Termasuk berdamai dengan keadaan, menerima kekalahan, merelakan kehilangan, mengubah arah tujuan dan masih banyak lagi.

Banyak hal yang terjadi di hidupku, yang bener-bener ga sesuai harapan atau beda sama yang aku inginkan. Tapi masih banyak yang bisa dinikmati dan disyukuri, beneran deh.

Siapa yang pengen opname 2x dalam kurun waktu 3 bulan? Nggak ada! But it happen to me. Habis berapa duit coba buat berobat jalan sampe berbulan-bulan? ga sedikit. Trus harus gimana? Yaudah, dibayar abis itu nyari duit lagi. Alhamdulilah masih bisa bayar dan dikasih Tuhan jalan buat nyari uang dengan lancar.

Siapa yang pengen tiba-tiba resign karena sakit dan bed rest gak ngapa-ngapain kayak orang gak guna? Ga ada! Again, it happen to me. Trus gimana? yaudah dinikmati, sambil bed rest, kembali menemukan passion baca buku, menyerap banyak pengetahuan. Eh jadi punya banyak ide untuk dikembangkan deh.

Udah rencana mau balik kerja di Jakarta trus sakit lagi dan lagi, siapa yang punya rencana kayak gitu? ga ada! Trus aku ngalamin dong. Mau ditangisin sampe gulung-gulung? Yaudah, pertama sih bete beraaat tapi time heal me, sekarang di rumah nyoba beberapa hal yang bisa dilakukan dan menghasilkan. Karena sekarang stay di rumah, tiap sore bisa berenang, dan ditawarin ikut olimpiade triathlon beberapa bulan lagi.

See? Bahkan hidupku udah kayak ombak laut yang naik turun gak karuan dalam beberapa bulan terakhir. Pernah down? pernah! Pernah ngerasa putus asa? Pernah! Tapi life must go on, segala perasaan buruk hilang sendiri seiring banyak hal lain datang dan membawa banyak manfaat positif.

Saat hidup udah kacau balau kayak lego yang diberantakin sama balita, kita punya kendali penuh untuk menatanya kembali. Se kacau-kacaunya hidup, kita selalu masih punya banyak hal untuk bangkit lagi.

Keep calm and show must go on!

0 komentar:

Post a Comment

© I'm Fireworks!, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena